Minggu, 30 Oktober 2011

Illustrasi Daun Gaya Mesh Tool

Langkah - Langkahnya:

1. Kita harus membuat object dengan menggunakan Pen Tool , lalu warnai
2. Buat garis - garis mesh (jika anda telah mempelajari tutorial mesh tool di tutorial sebelumnya maka pengaplikasiannya sama saja)
image
 ilmugrafis

3. Seleksi pada seluruh pinggir titik - titik mesh dengan menggunakan Direct Selection Tools (A) , tekan shift
untuk menyeleksi
image
 ilmugrafis
Setelah terseleksi semua titik - titik yang di pinggir kemudian pilih warna dengan pallete color untuk menghasilkan efek gradasi mesh
image ilmugrafis

4. Buatlah tulang daun dengan Pen Tool
image
 ilmugrafis

5. Berikutnya membuat urat daun
image
 ilmugrafis

6. Perbanyak Copy paste urat daun yang telah dibuat hingga seperti ini
image
 ilmugrafis

7. Kemudian bikin gambar tangkai dengan Pen Tool , untuk warna bikin gradient / Gradasi
image
 ilmugrafis

gambar bidang dengan menggunakan Pen Tool , untuk warna pilih warna agak tua dari warna dasar daun (blending : multiply dan opacity: 16%)
image
 ilmugrafis

Letakkan di tengah daun
image
 ilmugrafis
untuk menambah kesan gradasi maka tambahkan bidang lagi sebagai berikut
Pilih warna putih (blending Softlight dan atur opacitynya 17%)
image ilmugrafis

dan Jadilah setangkai bunga... eh Setangkai daun... ^_^
image ilmugrafis

Kurang lebih seperti ini :
ilustrasi daun 

SELAMAT MENCOBA :)

Jumat, 28 Oktober 2011

Fakta tentang Taeyeon SNSD

Berikut ini beberapa fact dari Taeyeon :)

1) Kim Taeyeon memiliki arti 'The Great Beauty'
2) Member Super Junior favorit Taeyeon adalah Kyuhyun
3) Taeyeon menyukai laki-laki yang selalu berpikiran positif dan memiliki humor yang baik
4) Meskipun ia yang tertua di SNSD, tapi dia bertingkah laku seperti seorang Maknae
5) Taeyeon berasal dari Korea Selatan bagian paling selatan
6) Orangtuanya memiliki toko kacamata pribadi
7) Tiffany adalah teman sekamarnya ketika masa trainee bersama Jang Ri In. Sooyoung dan Yoona adalah mantan teman sekamarnya. Sekarang, Sunnylah yang menjadi teman sekamarnya
8) Saat sekolah dulu, ia pernah terjatuh saat balapan lari dan ia mendapat luka yang cukup serius
9) Ia cukup buruk dalam menggunakan tangan kirinya. Bahkan saat mengetik, ia hanya menggunakan tangan kanannya
10) Semua member setuju kalau Taeyeon-lah yang paling cantik
11) Ketika ia mengunjungi kota kelahirannya, ia suka menggunakan aksen kota kelahirannya
12) Taeyeon bisa tidur sambil berbicara, tidur dengan mata terbuka, tidur dengan gaya yoganya sendiri, dan tidur sambil berjalan
13) Taeyeon pernah melarikan diri saat masa trainee karena terlalu lelah
14) Taeyeon adalah short-sighted saat ia memakai lensa kontak
15) Taeyeon adalah koki SNSD yang kedua
16) Taeyeon dapat menggambar dengan baik
17) Ketika tidur, Taeyeon suka bilang 'More More' (dalam korea) dan itu membuat Yoona tertawa terbahak-bahak
18) Taeyeon sangat percaya diri dengan bibirnya
19) Taeyeon tidak suka Keroro karena membosankan, tapi suatu saat Maknae mempengaruhinya sehingga ia pun suka dengan Keroro
20) Saat remaja, Taeyeon suka mendengarkan radio saat mengerjakan pr. Menurutnya radio adalah bagian dari hidupnya
21) Ketika Taeyeon menjadi DJ, ia merasa mimpinya menjadi kenyataan
22) Sunny dan Sooyoung memilih Taeyeon sebagai member yang paling populer
23) Semua orang setuju kalau Taeyeon memiliki kemampuan vokal dan dance yang hebat
24) Taeyeon menyukai Kang Dong Won. Taeyeon berpikir kalau dia sangat tampan
25) Menurutnya, saat yang yang paling bahagia adalah saat tidur
26) Taeyeon menyukai susu kacang hitam
27) Taeyeon sangat ingin pergi ke Jepang, Inggris dan USA
28) Taeyeon sangat menyukai bungan berwarna ungu (sama kayak aku ^^)
29) Taeyeon mempunyai ingatan yang sangat buruk
30) Taeyeon menyukai Sunmi dari Wonder Girls
31) Taeyeon sangat merasa terhormat ketika ia berduet dengan Kangta. Ketika Kangta mengajari Taeyeon bagaimana cara meyanyi dengan baik, Taeyeon selalu melakukan kesalahan karena memang ia ingin berlama-lama dengan Kangta
32) Taeyeon pernah mencium Jessica di pipinya
33) Taeyeon suka memanggil Tiffany dengan panggilan Miyoung
34) Tiffany mengatakan pada ibu Taeyeon kalau Taeyeon suka menganggunya
35) Taeyeon suka mengajari dan memberitahu kalau yang ia lakukan salah
36) Taeyeon sangat dihormati member yang lainnya karena ketika ia berbicara, semuanya mendengarkannya
37) Taeyeon sangat menakutkan ketika ia marah
38) Taeyeon tidak suka tidur dengan rambut panjang
39) Piyama favoritnya adalah piyama lengan panjang
40) Taeyeon tidak menyukai laki-laki yang memiliki rambut terlalu panjang
41) Taeyeon suka ketika hujan dan angin bertiup
42) Taeyeon menyukai tumbuhan kaktus
43) Bila Taeyeon disuruh memilih antara cinta dan persahabatan, maka ia akan memilih persahabatan
44) Taeyeon lebih menyukai laki-laki yang lebih tua darinya
45) Taeyeon tidak memiliki e-mail
46) Taeyeon iri dengan rambut pendeknya Sooyoung
47) Taeyeon dan Sunny dipanggil 'Villains of SNSD'
48) Buah kesukaannya adalah Jeruk, Apel, Stroberi, dan Tomat
49) Taeyeon pernah menaruh handphonenya di dalam kulkas
50) Taeyeon memiliki hobi mengoleksi parfum dan barang-barang Dragon Ball
51) Taeyeon pernah menyentuh dan meraba bokongnya Yuri, Tiffany, dan Nicole Kara
52) Taeyeon terpilih sebagai 'Cinta Pencuri Award' di MBC Come to Play

53) Taeyeon mengesets kameranya untuk kecerahan maksimum ketika mengambil gambarnya sendiri

54) Taeyeon buruk dalam melakukan Aegyo

55) Taeyeon memiliki 5 tindikan di telinga

56) Inspirasi Taeyeon untuk bernyanyi adalah BoA

57) Taeyeon dan Sunny sering berkata 'Memiliki tumit yang pendek tapi memiliki hati baja'

58) Ketika ia tampil di Music Bank, dia terkena kembang api, namun lukanya tidak begitu parah

59) Taeyeon pernah berjalan keluar rumah, turun dari tangga dan menaiki tangga lagi, namun dia tidak bisa mengingat sesuatu

60) Ketika Taeyeon remaja ia sangat pemalu

61) Ketika Taeyeon masih remaja, pamannya sering menyuruhnya untuk bernyanyi karena suaranya yang indah

62) Hyungdon sangat menyukai Taeyeon, namun kadang ia tidak bisa melihat Taeyeon karena Taeyeon terlalu cute

63) Ketika Taeyeon turun dari panggung, ia merasa sendiri dan kosong

64) Taeyeon termasuk Danshin (Kelompok Pendek) bersama Sunny, Jessica, Hyoyeon

65) Taeyeon memiliki kakak laki-laki yang mirip denganny

66) Taeyeon pernah menyanyikan soundtrack : If, Can You Hear Me, Its Love with Sunny, dan I Love You




















Selasa, 25 Oktober 2011

Dygta – Karena Ku Sayang Kamu

Seandainya kau ada di sini denganku
Mungkin ku tak sendiri
Bayanganmu yang selalu menemaniku
Hiasi malam sepiku
Ku ingin bersama dirimu
Ku tak akan pernah berpaling darimu
Walau kini kau jauh dariku
Kan s’lalu ku nanti
Karena ku sayang kamu
Hati ini selalu memanggil namamu
Dengarlah melatiku
Kuberjanji hanyalah untukmu cintaku
Tak kan pernah ada yang lain
Adakah rindu di hatimu
Seperti rindu yang ku rasa
Sanggupkah ku terus terlena
Tanpamu di sisiku
Ku kan selalu menantimu

Senin, 24 Oktober 2011

Asal Mula Rumah Siput

Dahulu kala, siput tidak membawa rumahnya kemana-mana… Pertama kali siput tinggal di sarang burung yang sudah ditinggalkan induk burung di atas pohon .
Malam terasa hangat dan siang terasa sejuk karena daun-daun pohon merintangi sinar matahari yang jatuh tepat ke sarang tempat siput tinggal. Tetapi ketika musim Hujan datang, daun-daun itu tidak bisa lagi menghalangi air hujan yang jatuh,.. siput menjadi basah dan kedinginan terkena air hujan.
Kemudian siput pindah ke dalam lubang yang ada di batang pohon, Jika hari panas, siput terlindung dengan baik, bahkan jika hujan turun, siput tidak akan basah dan kedinginan. Sepertinya aku menemukan rumah yang cocok untukku, gumam siput dalam hati.
Tetapi di suatu hari yang cerah, datanglah burung pelatuk ,, tok..tok…tok…burung pelatuk terus mematuk batang pohon tempat rumah siput, siput menjadi terganggu dan tidak bisa tidur,
Dengan hati jengkel, siput turun dari lubang batang pohon dan mencari tempat tinggal selanjutnya. Siput menemukan sebuah lubang di tanah, kelihatannya hangat jika malam datang, pikir siput. Siput membersihkan lubang tersebut dan memutuskan untuk tinggal di dalamnya, tetapi ketika malam datang, tikus-tikus datang menggali dari segala arah merusak rumah siput. Apa mau dikata, siput pergi meninggalkan lubang itu untuk mencari rumah baru….
Siput berjalan terus sampai di tepi pantai penuh dengan batu karang. Sela-sela batu karang dapat menjadi rumahku !!! siput bersorak senang, aku bisa berlindung dari panas matahari dan hujan, tidak aka nada burung pelatuk yang akan mematuk batu karang ini, dan tikus-tikus tidak akan mampu menggali lubang menembus ke batu ini.
Siput pun dapat beristirahat dengan tenang, tetapi ketika air laut pasang dan naik sampai ke atas batu karang, siput ikut tersapu bersama dengan ombak. Sekali lagi siput harus pergi mencari rumah baru. Ketika berjalan meninggalkan pantai, siput menemukan sebuah cangkang kosong, bentuknya cantik dan sangat ringan….
Karena lelah dan kedinginan, Siput masuk ke dalam cangkang itu , merasa hangat dan nyaman lalu tidur bergelung di dalamnya.
Ketika pagi datang, Siput menyadari telah menemukan rumah yang terbaik baginya. Cangkang ini sangat cocok untuknya. Aku tidak perlu lagi cepat-cepat pulang jika hujan turun, aku tidak akan kepanasan lagi, tidak ada yang akan menggangguku, …. aku akan membawa rumah ini bersamaku ke manapun aku pergi.

Selasa, 11 Oktober 2011

Pembentukan Sikap

Mengapa orang Jawa memiliki sikap ”kemayu, lembut, sopan dll” dan bertingkah laku yang sering kali berbeda dengan sikapnya ? Bagaimana proses pembentukan sikap itu sendiri ? Para Psikolog Sosial menyakini bahwa sikap adalah hasil dari proses belajar. Sebagian besar psikolog sosial memfokuskan perhatiannya pada bagaimana pembentukan sikap. Namun demikian hasil penelitian juga menunjukkan bahwa sikap dapat dipengaruhi oleh orang tua kepada anaknya yakni bersifat genetik (Baron, 2003).
Proses pembentukan sikap menurut Baron terjadi dengan sistem adopsi dari orang lain yakni melalui satu proses yang disebut proses pembelajaran sosial. Dalam proses inipun dilalui dalam beberapa proses lainnya antara lain :

1. Classical conditioning adalah Bentuk dasar dari pembelajaran di mana satu stimulus, yang awalnya netral menjadi memiliki kapasitas untuk membangkitkan reaksi melalui rangsangan yang berulang kali dengan stimulus lain. Dengan kata lain satu stimulus menjadi sebuah tanda bagi kehadiran stimulus lainnya (Robert A Baron, 2003). Dalam proses ini seorang anak yang awalnya biasa saja menyaksikan Ibunya bersikap marah terhadap suku bangsa tertentu namun karena sikap sang Ibu tersebut dilakukan berulang kali maka terjadilah proses classical conditioning pada diri sang anak. Sang anak yang awalnya netral menjadi ter-stimulasi untuk bersikap negatif seperti yang dilakukan Ibunya. Dalam hal ini anak memperlajari bagaimana bersikap dari orang terdekatnya.

2. Instrumental conditioning adalah Bentuk dasar dari pembelajaran di mana respon yang menimbulkan hasil positif atau mengurangi hasil negarif yang diperkuat (Robert A Baron, 2003). Dalam proses ini kita bisa mengambil contoh anak yang tidak memahami apa-apa tentang partai politik misalnnya maka akan bersikap sama dengan orang tuanya. Dalam perspektif behavior, tingkah laku sang anak adalah buah dari reinforcement. Dengan memberikan senyuman, pujian atau hadiah kepada anak yang telah melakukan dukungan kepada salah satu partai politik (padahal ia baru berusia 3 tahun) seperti yang menjadi dambaan orang tuanya maka akan membentuk sikap anak sama dengan sikap orang tuanya tersebut. Proses adopsi sikap seperti ini dinamakan instrumental condioning.

3. Pembelajaran melalui observasi adalah Salah satu bentuk belajar di mana individu mempelajari tingkah laku atau pemikiran baru melalui observasi terhadap orang lain (Robert A Baron, 2003). Proses ini terjadi hanya dengan memperhatikan tingkah laku orang lain. Contohnya seorang anak yang melihat ayahnya memukul Ibunya maka sikap dan perbuatan tersebut akan menurun pada anaknya meski sang ayah melarang anaknya melakukan kekerasan kepada siapapun. Dalam hal ini sang anak seringkali belajar apa yang dilakukan orang tuanya, bukan apa yang dikatakan oleh orang tuanya.

4. Perbandingan Sosial adalah Proses di mana kita membandingkan diri kita dengan orang lain untuk menentukan apakah pandangan kita terhadap kenyataan sosial benar atau salah (Robert A Baron, 2003). Dalam proses ini kita bisa melihat bagaimana anggota masyarakat menentukan siapa pemimpinnya dalam satu komunitas di pedesaan cenderung sama karena mereka memiliki kecenderungan untuk memperbandingkan diri mereka masing-masing dengan orang lain untuk menentikan apakah pandangan dan sikapnya terhadap siapa yang akan dipilihnya benar atau salah (Festinger, 1954). Dalam masyarakat desa berbeda pandangan dan sikap dengan lingkungannya akan anggap aneh dan tidak lazim dan bahkan mendapat resiko dikucilkan. Dalam banyak kasus, sikap terbentuk dari informasi sosial yang berasal dari orang lain, dan keinginan kita sendiri untuk menjadi serupa dengan orang yang kita sukai atau hormati.

Pertanyaannya adalah apakah setiap sikap kita akan menjelma menjadi perilaku kita ? Ternyata jawabnya tidak demikian. Dalam konteks masyarakat Indonesia yang dikenal dengan budaya ketimuran, banyak dari sikap kita tidak menjelma menjadi perilaku kita. Seperti misalnya sikap marah kita pada pimpinan di kantor karena sistem yang kita anggap tidak adil, tidak selamanya kita apresiasikan dalam perilaku marah. Atau contoh yang paling dekat adalah sikap kita mencintai makanan berlemak dan berkoresterol tinggi tidak serta merta membuat kita membabi buta ketika berhadapan dengan makanan tersebut. Argumennya beragam mulai dari ketakutan kita mengidap penyakit diabetes, jantung maupun untuk menjaga agar tubuh kita tetap ideal dan tidak mengalami kegemukan.

Minggu, 09 Oktober 2011

Jangan Pergi - Princess

aku bermimpi dirimu diriku akan bertemu
di malam ini kau datang kau bawa bunga terindah
oh pangeran dimana kamu, aku ingin ketemu

 
yang aku ingin hanyalah dirimu saja
hanyalah cintamu sayang kembalilah kepadaku
jangan kau pergi, tunggulah sebentar saja
kita kan bersama lagi seperti di saat kita satu

dulu kau pernah pernah berjanji
suatu saat kita akan kembali
apakah kau akan menepati janjimu itu
aku di sini menunggumu untuk menjemputku
oh pangeran dimana kamu, aku ingin ketemu
yang aku ingin hanyalah dirimu saja
hanyalah cintamu sayang kembalilah kepadaku
jangan kau pergi, tunggulah sebentar saja
kita kan bersama lagi seperti di saat kita satu
aku dan kamu bisa menjalin cinta kembali
yang aku ingin hanyalah dirimu saja
hanyalah cintamu sayang kembalilah kepadaku
jangan kau pergi, tunggulah sebentar saja
kita kan bersama lagi seperti di saat kita satu

Minggu, 02 Oktober 2011

Macam Sikap

Apa yang dia lihat dan didengar oleh anak.maka itulah yang akan dia tiru, terutama anak yang berumur di bawah 6 tahun (usia pra sekolah) sangat mudah meniru apa yang ada di sekitar nya. Ada ungkapan yang menyatakan bahwa “ Anak-anak adalah peniru yang baik “. Ungkapan ini harus diperhatikan oleh para orangtua.
Seringkali kali kita menemukan anak-anak menirukan perkataan maupun prilaku yang kurang baik/sopan, hingga menyakiti orang disekitarnya. Kita sebagai orangtua pasti merasa kecewa dan sedih dengan sikap anak tersebut. Timbul pertanyaan ‘ kenapa anak ini ?”
Menurut Titi P.Natalia, Staf pengajar Prog.Magister Psikologi Univ.Tarumanegara Jakarta, ketika kita mendapatkan sang anak mengatakan atau berprilaku yang kurang baik sebaiknya orangtua jangan langsung menganggap bahwa anak tersebut “anak nakal dan berprilaku negative “. Ada baiknya tanyakan alasannya dan beri pemahaman atas perbuatan anak tersebut.
Terkadang bila kita cermati sebenarnya anak tersebut tidak paham dengan apa yang dia ucapkan dan tidak bermaksud seperti itu. Apa yang dia ucapkan bisa jadi karena meniru oranglain, teman-temannya, tontonan di TV dan banyak kemungkinan media-media di sekitarnya yang bisa ditiru oleh anak.
Jika memang demikian, jangan jauhkan anak dari pengaruh buruk lingkungan tersebut. Lebih baik bekali anak dengan pemahaman dan logika berpikir yang baik, sehingga walaupun anak masih berinteraksi dengan lingkungan tersebut ia tidak akan begitu saja mengikutinya, justru menjadikan anak akan terbiasa belajar berpikir mengambil keputusan.
Walau bagaimana pun kita tidak bisa mengubah begitu saja lingkungan di sekitar anak. Dimana pun anak bergaul akan selalu ada anak-anak yang baik dan kurang baik.
Untuk menanamkan prilaku baik pada anak tentulah di mulai dari lingkungan dekatnya dulu, yaitu keluarga. Hubungan ibu dan ayah yang baik, komunikasi antara orangtua – anak yang baik, pendidikan moril dan agama yang cukup merupakan modal awal bagi anak untuk memiliki prilaku dan perkataan yang baik. Dalam diri orangtua tanamkan bahwa anak masih dalam proses belajar dan adaptasi, bila anak melakukan kesalahan masih ada kesempatan untuk memperbaikinya. Jangan langsung menghardik atau memarahinya, justru dengan cara seperti itu akan membuat anak menutup diri dan mengulangnya di lain hari.
Menurut Titi, bila ada kejadian yang tidak baik yang dilakukan oleh anak sebaiknya orangtua memanggil dan bertanya dengan nada pelan. Selanjutnya beri dia klarifikasi dan pengertian tentang apa yang baru saja terjadi baik buruknya dan coba ingatkan lagi untuk tidak mengulanginya lagi. Jangan pernah bosan untuk mengingatkan.
Menanamkan prilaku positif juga bisa dilakukan lewat alam bawah sadar anak, yaitu pada saat anak tidur. Bisikan kalimat-kalimat yang sifatnya memuji dan bisikan harapan-harapan orangtua pada anak tersebut. Misalnya ‘ Adik anak pintar, pasti bisa bicara yang baik, ya !’ dsb.
Jika sudah terekam dengan baik di alam bawah sadarnya, ia akan mengubah prilakunya secara bertahap kea rah yang lebih baik lagi. Alam bawah sadar memang lebih banyak jadi pengontrol prilaku sehari-hari.
Jika orangtua memiliki anak yang suka membantah saat di nasehati, sebagai orangtua coba introspeksi pola komunikasi dengan anak selama ini. Anak yang suka membantah sebenarnya bukan karakter dasar anak seperti itu, tapi kondisi itu tercipta dari perlakuan yang diberikan oleh orang dewasa terhadapnya. Perlakuan yang kerap mengabaikan, menghakimi, menyalahkan anak inilah yang memicu anak jadi pembantah, Sebelum disalahkan ia lebih memilih membantah lebih dahulu.
Yang paling penting berilah contoh yang baik sehari-hari di rumah atau bila sesekali sedang jalan-jalan ajarkan lah anak untuk bersedekah, membantu yang kurang mampu agar rasa sosialnya tumbuh. Peduli dan memperhatikan kehidupan di sekelilingnya, betapa beruntung nya dia hidup dalam keluarga yang penuh perhatian dan lebih baik dari anak-anak di sekitarnya. Ini akan membuat anak belajar bersyukur. Pemahaman seperti ini akan memperkaya rasa simpati dan toleransi anak kepada sesamanya.

Agar si kecil tumbuh menjadi anak yang berprilaku baik, ada sejumlah langkah yang disarankan untuk para orangtua.

Beri Contoh
Sebaik-baiknya pelajaran yang paling cepat diserap oleh anak adalah dari orangtua nya sendiri. Berusahalah menjadi orangtua yang mengajarkan hal-hal baik pada baik. Bisa karena biasa, pendapat yang bijak. Biasa melihat maka anak pun menjadi terbiasa.

Bacakan Dongeng
Mendongeng bisa menjadi salah satu sarana untuk belajar menanamkan nilai baik pada anak. Tokoh dalam cerita anak-anak selalu ada sisi jahat dan baik. Biarkan anak memberikan pendapatnya tentang tokoh-tokoh dalam cerita tersebut.

Nonton TV bersama
Dampingi dan jadikan acara menonton Tv bersama untuk ajang diskusi, membahas tayangan acaranya dan beri tahu nilai-nilai yang ada di acara tersebut.

Lihat kehidupan disekitarnya
Memperhatikan kehidupan di sekitarnya, ternyata banyak yang hidupnya kurang beruntung. Ajak lah anak untuk diskusi, berpartisipasi dan peduli terhadap lingkungan seperti itu.

Rewards
Bila anak melakukan hal yang baik berilah ia pujian, beri ia semangat untuk dapat melakukan nya lagi di lain waktu.