Selasa, 06 Desember 2011

ORACLE

Pengenalan :
Basis data Oracle adalah basis data relasional yang terdiri dari kumpulan data dalam suatu sistem manajemen basis data RDBMS. Perusahaan perangkat lunak Oracle memasarkan jenis basis data ini untuk bermacam-macam aplikasi yang bisa berjalan pada banyak jenis dan merk perangkat keras komputer (platform).
Basis data Oracle ini pertama kali dikembangkan oleh Larry Ellison, Bob Miner dan Ed Oates lewat perusahaan konsultasinya bernama Software Development Laboratories (SDL) pada tahun 1977. Pada tahun 1983, perusahaan ini berubah nama menjadi Oracle Corporation sampai sekarang.
pembahasan tentang oracle ini mungkin bisa fara mulai dengan adanya troubleshooting pada saat penginstalan program oracle :
Ketika menginstall Oracle, di bagian-bagian pertama ada step “Checking installer requirements…”. Step ini memeriksa apakah hardware (CPU, memory, disk, dll) dan software (Operating System / OS, release, patch, dll) sudah sesuai persyaratan. Oleh karena itu, sebaiknya (seharusnya) dibaca dulu dokumentasi “Installation Guide”-nya. Dokumentasi ini ada di paket CD atau file download, biasanya di direktori database\doc. Jadi, masuk ke direktori tersebut dan buka file index.htm.
Kalau system requirement tidak terpenuhi, maka akan muncul error seperti contoh berikut

Solusinya adalah lihat dokumentasi “Installation Guide”-nya dan lihat poin-poin mana yang kurang, kemudian lengkapi poin-poin yang kurang tersebut. Kadang-kadang kekurangan itu tidak penting (tidak mandatory), maka kita bisa melewati (men-skip) step “Checking installer requirements…” tersebut. Caranya, tambahkan parameter -ignoreSysprereqs.

Contoh:misalkan file instalasi (CD ataupun file hasil download) ada di folder C:\data_master\10201_database_win32.
 Setelah ini akan muncul informasi kalau step checking ini di-skip

Kemudian muncul installation wizard, dan lanjutkan proses installasinya.
Semoga sukses.
untuk kemudahan, disini saya sediakan link apabila ada teman-temana yang mau berdiskusi dengan sesama kawan oracle :)
http://www.oraclecommunity.net/group/oracleindonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar