- Stream adalah representasi abstrak dari aliran data yang berjalan dari sumber (input stream) ke tujuan (output stream).
Contoh:
Membaca dan menulis file di dan ke harddisk
Membaca dan menulis teks ke console.
Membaca dan menulis melalui network
- Untuk membaca, program membuka stream pada sumber ( file, memory, socket) dan membaca informasi secara sekuensial.
- Untuk menulis, program mengirim informasi ke tujuan dengan cara membuka stream tujuan, selanjutnya menulis informasi secara sekuensial.
- Byte Stream
- Character Stream
- Cara menggunakan stream :
- InputStream dan OutputStream adalah abstract class untuk stream I/O, yaitu untuk membaca dan menulis data dari dan ke file.
- Untuk membaca digunakan class yang mengimplementasikan InputStream, contoh : FileInputStream.
- Untuk menulis digunakan class yang mengimplementasikan OutputStream, contoh : FileOutputStream.
- Hirarki Class InputStream dan OutputStream
- Membaca File: FileInputStream :
- Definisikan nama file yang akan dibaca melalui class File, atau nama file lengkap dengan path.
- Periksa apakah file tersebut ada (exist) dan tipenya adalah file (bukan direktori).
- Siapkan obyek FileInputStream untuk membaca isi file.
- Baca input dengan menggunakan method read(), dan bila tidak ada input lagi,FileInputStream memberikan indikator -1 sebagai tanda tidak ada lagidata yang akan dibaca.
- Gunakan method close() untuk menutup FileStream.
- Reader dan Writer
- Digunakan untuk membaca dan menulis data tekstual.
- Untuk mempercepat performance, gunakan fasilitas buffering dengan: BufferedReader.
- Untuk membaca teks baris per baris digunakan teknik sebagai berikut: File f = new File(“c:\\oop\\text.txt”);FileReader fr = new FileReader(f);BufferedReader fin= new BufferedReader(fr);
Hirarki Class Reader dan Writer
Tidak ada komentar:
Posting Komentar