Senin, 05 Maret 2012

Pengertian Enkripsi dan Deskripsi

Keamanan data adalah hal yang sangat penting,sesuai yang dibilang ama pak Chandra(Dosen gw) kalo didunia komputer "Keamanan Berbanding Terbalik dengan Kenyamanan". Banyak pengguna komputer rela membayar mahal untuk hal yang satu ini. Dan metode enkripsi adalah salah satu pilihan yang dapat dilakukan dari masalah keamanan data tersebut.

jika ingin ngomongin mengenai enkripsi, maka hal tersebut tidak akan terpisah dengan apa yang dinamakan Kriptografi(Cryptography). Dimana kriptografi adalah studi tentang cara-cara menyamarkan/menyandikan pesan yang bertujuan untuk menghindari perolehan pesan secara tidak sah.

sedangkan didalam kriptografi itu sendiri terdapat dua proses penting, yaitu enkripsi dan dekripsi. ngomong-2 pada tahu enkripsi ama dekripsi jadi, Enkripsi adalah suatu cara untuk menyandikan suatu informasi menjadi sebuah kode-kode rahasia.Sedangkan Dekripsi adalah metode untuk mengubah kode-kode rahasia tadi menjadi data informasi dengan menggunakan kunci rahasia (baik itu public key maupun private key).gitu prenn kurang lebih definisi nya,,,lanjut

Bila ingin mengamankan data yang anda miliki Enkripsi adalah salah satu solusi yang dapat dipergunakan,kita ga ingin kan ketika kita mengirim email tahu-2 ditengah perjalanan dibajak ama orang yang ga bertanggung jawab. Dengan menggunakan aplikasi enkripsi, paling tidak kita akan meminimalisasi pembajak terhadap data kita.

Bit Kunci dan Blok Data
banyak banget jenis Enkripsi dan setiap enkripsi dibedakan berdasar besar bit kunci dan besar blok datanya. Dari mulai bit kunci 8-bit,sampai 256 bit. dan dari 64-bit hingga 512-bit besar blok data. Mengapa bit kunci dan blok data penting?,karena kekuatan dari enkripsi terletak dalam tiga hal, yaitu besar bit kunci, bear blok data, dan metode pengulangan yang dilakukan didalamnya. semakin besar blok kunci, semakin kecil blok data dan semakin banyak pengulangan yang dilakukan maka enkripsi tersebut bisa dibilang cukup tangguh, dan begitu juga sebaliknya.

Aplikasi Enkripsi
ada banyak buanget aplikasi enkripsi, salah satunya Encryption Protection yang bisa temen-2 gali infonya di www.encryptionprotection.com  dan Wincrypt Shareware 2.2 untuk lebih Advadce mengenai aplikasi kini temen- bisa berkunjung ke www.wincrypt.com 

Sumber : http://adeut.blogspot.com  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar